Kemnaker Konsisten Tingkatkan Pembangunan SDM Bidang Ketenagakerjaan

Kemnaker Konsisten Tingkatkan Pembangunan SDM Bidang Ketenagakerjaan
Karo Humas Kemnaker Soes Hindharno pada acara Press Tour dengan tema “Sinergi Pers dan Pemerintah dalam Pembangunan SDM Indonesia”. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, MAKASSAR - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus fokus dan konsisten menggenjot pelatihan vokasi secara massif yang merupakan program prioritas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Setelah ada arahan Presiden Jokowi 2019 untuk prioritas pembangunan SDM, Kemnaker semakin massif melakukan pelatihan vokasi, lebih digenjot lagi,” kata Sekjen Kemnaker dalam sambutannya yang dibacakan oleh Karo Humas Kemnaker Soes Hindharno pada acara Press Tour dengan tema “Sinergi Pers dan Pemerintah dalam Pembangunan SDM Indonesia” di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (10/4/2019).

Soes Hindharno mengatakan konsistensi keseriusan Kemnaker dalam pelatihan diperlihatkan dengan terus melakukan beberapa terobosan.

Yakni massifikasi pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), pemagangan terstruktur dan sertifikasi uji kompetensi.

Soes menambahkan massifikasi pelatihan lainnya di BLK sebagai upaya peningkatan daya saing manusia Indonesia yakni memberikan triple skilling: skilling, up-skilling dan re-skilling.

Skilling untuk angkatan kerja yang ingin mendapatkan skill. Up-skilling untuk pekerja yang ingin meningkatkan skill, re-skilling untuk pekerja yang ingin mendapatkan keterampilan baru.

"Triple skilling tersebut untuk memastikan agar daya saing tenaga kerja lebih baik dan sesuai dengan perubahan di pasar kerja, " katanya.

Soes menegaskan untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, pemerintah juga membangun BLK Komunitas.

Kemnaker semakin massif melakukan pelatihan vokasi sesuai arahan Presiden Jokowi 2019 untuk prioritas pembangunan SDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News