Kemudahan Unas untuk Siswa Cacat

Kemudahan Unas untuk Siswa Cacat
Kemudahan Unas untuk Siswa Cacat
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tidak ingin pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) menjadi beban siswa. Teramasuk bagi para siswa penyandang cacat atau difabel. Kemendiknas menyiapkan beberapa alternative dispensasi bagi mereka.

 

Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendiknas Dodi Nandika menjelaskan, selama ini masih terdapat diskriminasi terhadap siswa cacat yang menjalankan unas. Di beberapa tempat, siswa tersebut menjalani ujian layaknya siswa normal. "Padahal, dengan kecacatannya mereka merasa kesulitan dan keberatan," tutur Dodi.

 

Dari kondisi tersebut, saat ini Kemendiknas mengkaji beberapa opsi pelaksanaan unas bagi siswa cacat. "Pelaksanaan unas tahun ini juga menjadi pertimbangan," kata dia. Dodi menjelaskan, kibajakan baru pelaksanaan unas bagi siswa catat bisa diterapkan untuk Unas 2012 depan.

 

Di antara opsi kebijakan yang dikaji adalah, siswa cacat tertentu akan mendapatkan fasilitas tempat menjalankan ujian tersebut. Selanjutnya, selama pelaksanaan ujian siswa cacat mendapatkan pelayanan yang ramah dari para penjaga.

 

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tidak ingin pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) menjadi beban siswa. Teramasuk bagi para siswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News