Kena Razia Surat Tidak Lengkap? Jangan Takut, Tinggal Bayar Tilang Saja

Kena Razia Surat Tidak Lengkap? Jangan Takut, Tinggal Bayar Tilang Saja
Polantas sedang melakukan razia kendaraan bermotor. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Langkah Brigadir K melakukan penembakan terhadap mobil yang ditumpangi satu keluarga di Lubuklinggau, Sumsel, mendapat sorotan masyarakat.

Polri juga memberikan perhatian khusus terhadap kasus ini. Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Rikwanto menjelaskan, tidak hanya soal keputusan Brigadir K yang penting, namun juga soal penyebab kaburnya mobil sekeluarga yang dikemudikan Indra.

”Dia kan takut dirazia, sehingga menerobos,” tuturnya.

Saking takutnya, pengemudi ini bahkan sempat membahayakan petugas dan masyarakat.

Bisa jadi, ada suatu kondisi dimana pengemudi merasa penilangan itu menakutkan. ”Kondisi semacam ini sangat jarang terjadi ya,” jelasnya.

Namun, bisa jadi masih ada masyarakat yang sangat takut ditilang hingga mau melakukan apapun asal tidak terazia. Rikwanto menjelaskan, masyarakat seharusnya tidak perlu untuk takut ditilang.

”Ditilang itu bukan akhir segalanya, kalau surat tidak lengkap nanti hanya tinggal bayar tilang saja. jangan khawatir,” jelasnya.

Saat menilang, lanjutnya, petugas juga harus melakukannya dengan sesuai SOP. Tidak diperbolehkan menilang dengan berbagai ancaman dan sebagainya.

Langkah Brigadir K melakukan penembakan terhadap mobil yang ditumpangi satu keluarga di Lubuklinggau, Sumsel, mendapat sorotan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News