Kenaikan Berat Badan di Usia Dewasa Bisa Membahayakan Kesehatan?

Kenaikan Berat Badan di Usia Dewasa Bisa Membahayakan Kesehatan?
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Kenaikan berat badan yang didapat antara usia dewasa dini dan usia pertengahan bisa meningkatkan risiko penyakit kronis dan kematian dini, sebuah penelitian baru menunjukkan.

Dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki berat badan tetap stabil, mereka yang telah mengalami kenaikan berat badan 5 kg hingga 9 kg memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi, tekanan darah tinggi dan kanker terkait obesitas.

Resiko meningkat dengan kenaikan berat badan yang lebih besar.

"Tapi ada penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa profil risiko terkait obesitas bisa ditingkatkan dengan penurunan berat badan," kata penulis utama studi tersebut, Yan Zheng, seperti dilansir laman Today, Minggu (13/8).

Zheng dan rekan-rekannya menganalisis data kesehatan dari 92.837 wanita yang ikut serta dalam Nurses 'Health Study dan 25.303 pria dari Health Follow-Up Study.

Para wanita ini diminta mengingat berat badan mereka pada usia 18 tahun, sementara pria diminta menurunkan berat badan mereka pada usia 21 tahun.

Peserta di NHS dan HPFUS ditanyai berat badan mereka saat mengikuti studi dan setiap dua tahun setelahnya.

Rata-rata, wanita mengalami kenaikan berat badan 9 kg antara usia 18 tahun dan 55 tahun, sementara pria naik 8 kg.

Kenaikan berat badan yang didapat antara usia dewasa dini dan usia pertengahan bisa meningkatkan risiko penyakit kronis dan kematian dini, sebuah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News