Kenaikan Harga Dolar Tidak Pengaruhi Biaya Kepabeanan

Kenaikan Harga Dolar Tidak Pengaruhi Biaya Kepabeanan
Konter layanan kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Foto: DJBC

jpnn.com, JAKARTA - Nasional Corruption Watch (NCW) mendorong pemerintah agar melakukan efektifitas kinerja dalam mengamankan penerimaan sumber pendapatan negara. Hal tersebut menyusul terjadinya kebocoran keuangan negara dari sektor pajak Bea Cukai.

Menurut Ketua Umum NCW Syaiful Nazar, undang-undang telah mengamanatkan bahwa fungsi LSM sebagai sosial kontrol pemerintah yang di dalamnya memberikan masukan terbaik bagi bangsa dan negara. Hal tersebut berdasarkan undang-undang Nomor 17 yang diubah menjadi PP Nomor 2 Tahun 2018.

Guna meningkatkan sumber pendapatan negara, pihaknya meminta pemerintah untuk menyikapi seberapa besar efektivitas kepabeanan dalam rangka melaksanakan undang-undang kepabeanan dan Cukai.

Lanjut dia, Bea Cukai harus memaksimalkan efektifitas kinerja dalam bidang pengawasan kepatuhan internal (KI), seyogyanya dibangun lembaga tersendiri, salah satunya di pegawai kepabeanan.

Kenaikan Harga Dolar Tidak Pengaruhi Biaya Kepabeanan
Diskusi publik tentang kepabeanan di kafe Kopi Politik Pakubuwono, Jakarta Selatan. Foto: Istimewa

“Bila fugsi pengawasan langsung bertanggung jawab kepada Presiden yang melibatkan internal dan stakeholder, diharapkan dapat membantu meminimalisir tingkat kebocoran yang kerap dilakukan oleh oknum pegawai di Bea Cukai itu sendiri,” ujar Syaiful dalam siaran tertulisnya, Rabu (12/9).

Syaiful menegaskan, saatnya pemerintah untuk memperkuat efektifitas pengawasan baik di bidang kepabeanan maupun cukai. Untuk bidang kepabeanan, menyangkut barang impor dan ekspor. Sedangkan dibidang cukai, kata dia, berkaitan dengan rokok impor maupun minuman mengadung etiel alkohol

Lanjut Syaaiful, pengawasan dalam menyelamatkan sumber pendapatan negara ini dapat melibatkan KI (Kepatuhan Internal) Bea Cukai harus diperkuat berkerjasama dengan Institusi lain.

Ketua Umum NCW Syaiful Nazar memastikan bahwa kenaikan dolar tidak berdampak pada biaya kepabeanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News