Kenaikan Laba Dongkrak Aset AXA

Kenaikan Laba Dongkrak Aset AXA
Kenaikan Laba Dongkrak Aset AXA

jpnn.com - JAKARTA - PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) berhasil mencatatkan pencapaian laba bersih senilai Rp 1,2 triliun pada tahun 2014 lalu. Angka itu naik 23,4 persen dari tahun sebelumnya.

Selain itu, AXA Mandiri berhasil mencatat kenaikan total premi sebesar 33 persen pada periode yang sama.  Chief Financial Officer AXA Mandiri Franz Lathuillerie Franz menjelaskan, peningkatan itu turut berkontribusi pada kenaikan total aset sebesar 39,8 persen dengan perolehan di 2014 senilai Rp 22,7 triliun. “Naiknya laba perusahaan turut memperkuat nilai ekuitas AXA Mandiri sebesar 12,5 persen dari Rp 1,9 triliun menjadi Rp 2,1 triliun,” katanya.

Franz menjelaskan, pertumbuhan laba AXA Mandiri dipengaruhi oleh adanya peningkatan pembayaran premi lanjutan sebesar 45 persen dibanding tahun sebelumnya. Menurutnya, peningkatan kinerja keuangan AXA Mandiri sepanjang 2014 telah menunjukkan pertumbuhan yang positif dan signifikan berkat kerja sama yang solid antara dua pemegang saham, yaitu Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia dengan jaringan yang luas di seluruh Indonesia dan AXA yang secara global berpengalaman dalam mengelola asuransi jiwa.

Pendapatan investasi AXA Mandiri tercatat Rp 3,3 triliun, naik 538,9 persen dibandingkan 2013. Hal ini disebabkan oleh kondisi pasar modal di Indonesia pada 2014 yang membaik dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan laba bersih dan aset perusahaan turut memperkuat kondisi kesehatan keuangan AXA Mandiri, terlihat dari rasio kecukupan modal (risk based capital/RBC) yang mencapai 489 persen untuk portofolio konvensional dan mencapai 152 persen untuk dana tabaru’ dari portofolio syariah.
 
Angka-angka tersebut jauh melebihi ketentuan minimum yang dipersyaratkan oleh regulator perasuransian yakni 120 persen untuk portofolio konvensional dan 30 persen untuk portofolio syariah.

“Angka tersebut menunjukkan bahwa AXA Mandiri mampu memberikan perlindungan dan memenuhi kewajiban nasabah di atas persyaratan yang telah ditetapkan oleh regulator,” tukasnya.

Sebagai bukti komitmen dan tanggung jawab terhadap Nasabahnya, AXA Mandiri mengucurkan dana senilai Rp 3,2 triliun untuk pembayaran klaim dan manfaat, angka ini naik sebesar 89.2 persen dibandingkan dengan 2013.(dew)


JAKARTA - PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) berhasil mencatatkan pencapaian laba bersih senilai Rp 1,2 triliun pada tahun 2014 lalu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News