Kenali 8 Gejala Kanker Usus

Kenali 8 Gejala Kanker Usus
Gangguan usus. ILUSTRASI. Foto: Laman Care2

jpnn.com - Penyakit kanker usus bukanlah suatu kondisi yang ringan. Kanker usus juga bisa merenggut nyawa seseorang, seperti yang baru saja menimpa istri Ustaz Maulana yang meninggal Minggu (20/1) kemarin di Makassar.

Maka, penting bagi Anda untuk bisa mengenali penyebabnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, penyakit tersebut baru diketahui pada September 2018 lalu, meski dikabarkan sudah diidap mendiang sejak tujuh tahun lalu. Tim dokter mengatakan bahwa kankernya sudah mencapai paru-paru. 

Kanker usus merupakan tipe kanker saluran cerna yang paling sering terjadi. Kanker ini paling sering terjadi di area usus besar yang berbatasan dengan anus. Kanker kolorektal (kanker usus besar dan rektum) masih menjadi salah satu penyakit kanker tersering. Jenis kanker ini merupakan penyakit tiga besar penyebab kematian terbanyak akibat kanker baik pria maupun wanita di Amerika Serikat.

Kebanyakan kanker usus bermula dari kelainan usus besar yang disebut polip usus. Polip usus tidak bersifat seperti kanker, tapi memiliki kemungkinan perubahan ke arah kanker seiring berjalannya waktu. Polip bisa berukuran kecil dan berjumlah banyak, dan mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun.

Gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus umumnya sebagai berikut:

1. Perdarahan saat buang air besar.

2. Perubahan konsistensi feses, dapat cair atau keras. Biasanya berlangsung lebih dari 4 minggu.

Pasalnya, pada saat kanker usus masih dalam tahap awal, kemungkinan besar penderita tidak akan merasakan gejala apa pun.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News