Kenali Penyebab Nyeri Tulang Rusuk Kanan

Kenali Penyebab Nyeri Tulang Rusuk Kanan
Nyeri tulang rusuk kanan. Foto:Alodokter

jpnn.com - Apakah Anda pernah merasakan nyeri pada bagian tulang rusuk sebelah kanan? Hati-hati bisa saja itu adalah kelainan pada tulang. Rasa sakit yang Anda alami bisa saja berbahaya, bisa juga tidak. Terkadang beberapa orang mengalami kondisi tulang rusuk yang kaku, terutama pada daerah dada.

"Kadang-kadang rasa sakit di bawah tulang rusuk tidak lebih dari Anda salah tidur, atau Anda berolahraga terlalu keras," kata seorang gastroenterolog di University Hospital Cleveland Medical Center, Dr. Gregory Cooper, seperti dilansir laman MSN, Senin (17/9).

Rasa sakit itu bisa berpotensi menjadi sesuatu yang lebih serius seperti masalah kandung empedu. Kuncinya adalah untuk melihat gejala lain yang mungkin Anda alami, tingkat keparahan rasa sakit, apakah itu intermiten atau konstan atau apakah itu hilang hanya untuk kembali di kemudian hari.

Berikut ini beberapa penyebab dari nyeri tulang rusuk kanan.

1. Kandung kemih

Kandung empedu Anda (terletak di sisi kanan tubuh Anda, di bawah hati) mungkin menjadi penyebab kesengsaraan Anda. Ada sejumlah kondisi yang menjangkiti organ berbentuk buah pir ini dan Anda mungkin mengalami salah satunya.

Pelaku yang paling mungkin adalah kolik bilier. Nyeri mendadak dan sering memburuk. Anda biasanya merasakan nyeri di perut, tepat di bawah tulang rusuk kanan atau pusat perut Anda.

Mungkin sekilas, berlangsung hanya beberapa menit atau bisa bertahan beberapa jam. Anda mungkin merasa mual dan perut Anda mungkin terasa lembut selama satu atau dua hari.

Apakah Anda pernah merasakan nyeri pada bagian tulang rusuk sebelah kanan? Hati-hati bisa saja itu adalah kelainan pada tulang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News