Kenapa Kulit Mudah Timbul Jerawat saat Haid?

Kenapa Kulit Mudah Timbul Jerawat saat Haid?
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Penyebab pasti munculnya jerawat masih belum diketahui sampai saat ini.

Namun, ada banyak hal yang bisa menjadi faktor risiko. Salah satunya faktor hormonal atau saat sedang haid.

Saat mendekati siklus haid, biasanya jerawat itu mulai muncul dan mengganggu penampilan. Menurut penelitian dari Archieve of Dermatology, sebanyak 63 persen wanita yang akan haid mengalami keluhan timbulnya jerawat.

Biasanya senjelang haid, ada ketidakseimbangan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita. Hormon estrogen secara tiba-tiba akan menurun drastis. Hal ini akan diikuti juga dengan penurunan hormon progesteron.

Namun, ada satu hormon yang lebih stabil dibanding dengan kedua hormon yang sebelumnya, yaitu hormon testosteron atau hormon laki-laki. Saat haid, hormon ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan hormon wanita lainnya.

Dan saat haid datang, hormon progesteron mulai meningkat. Peningkatan hormon progesteron ini juga akan diikuti pula dengan peningkatan jumlah sebum atau lemak. Peningkatan lemak yang terjadi menyebabkan bakteri P.acnes juga meningkat.

Banyaknya jumlah bakteri tersebut akan menimbulkan peradangan kulit. Peradangan inilah yang bisa memicu timbulnya jerawat yang datang sebelum atau saat haid.

Walau jerawat saat haid tidak bisa dihindari, paling tidak ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan timbulnya jerawat. Beberapa hal yang bisa Anda terapkan yakni:

Ada empat cara untuk meminimalkan timbulnya jerawat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News