Kepala Bakamla Akui Pernah Kunjungi Rumah Suami Inneke

Kepala Bakamla Akui Pernah Kunjungi Rumah Suami Inneke
Kepala Bakamla Laksdya Arie Sudewo saat bersaksi pada persidangan atas Fahmi Darmawansyah di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (26/4). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Arie Soedewo mengaku mengenal Direktur PT Merial Esa Fahmi Darmawansyah. Bahkan, Arie pernah berkunjung ke rumah suami Inneke Koesherawati itu.

Hal itu diakui Arie saat menjadi saksi dalam sidang perkara suap ke pejabat Bakamla dengan terdakwa Fahmi Darmawansyah di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (26/4). Menurut Arie, kunjungannya ke tempat tinggal Fahmi dalam rangka mencari rumah.

"Pernah, saya sedang cari rumah dinas untuk disewa. Setelah saya pertimbangkan, saya pilih rumah yang sekarang milik BUMN dan tidak ada kaitan dengan pekerjaan di Bakamla," kata Arie.

Meski demikian, Arie membantah rumah yang ditawarkan Fahmi untuk disewa adalah fasilitas yang diberikan sebagai rekanan Bakamla. "Bukan, Pak," jawab Arie.

Sebelumnya jaksa penuntut umum (JPU) KPK mendakwa Fahmi telah menyuap sejumlah pejabat Bakamla dengan uang sebesar Rp 4,36 miliar. Uang itu terdiri atas SGD 209.500, USD 78.500, dan Rp 120 juta.

Fahmi didakwa bersama-sama dua orang kepercayaannya, M Adami Okta dan Hardy Stefanus untuk memenangkan perusahaannya, yakni PT Melati Technofo Indonesia dalam pengadaan monitoring satelite di Bakamla tahun anggaran 2016. Fahmi pun menyogok Deputi Bidang Informasi, Hukum dan Kerja Sama Bakamla Eko Susilo Hadi, serta anak buahnya yaitu Bambang Udoyo, Nofel Hasan dan Tri Nanda Wicaksono.

Rinciannya, uang untuk Eko sebesar SGD 105 ribu, USD 88.500, dan Euro 10 ribu, sedangkan kepada Bambang Udoyo sebesar SGD 105 ribu, untuk Nofel Hasan sebesar SGD 104.500, dan bagi Tri Nanda Wicaksono sebanyak Rp 120 juta.(Put/jpg)


Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Arie Soedewo mengaku mengenal Direktur PT Merial Esa Fahmi Darmawansyah. Bahkan, Arie pernah berkunjung ke rumah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News