Kepala BKN Tingkat Kelulusan CPNS 2018 Menurun

Kepala BKN Tingkat Kelulusan CPNS 2018 Menurun
CPNS 2018. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JEMBER - Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengunjungi lokasi tes CPNS di Kabupaten Jember, Jatim. Dalam sidak kali ini Bima  memantau pelaksanaan tes di hari-hari terakhir.

Kepala BKN dan rombongan langsung mengecek satu per satu lokasi mulai tempat ujian, registrasi peserta, ruang steril dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Meski diawal hari pelaksanaan sempat terjadi keterlambatan, tapi ujian online ini tampak berjalan sesuai jadwal. Kepala BKN juga meninjau lokasi pengumumuan real time hasil ujian dari seluruh peserta.

Menurut Bima, tingkat kelulusan dibanding tahun lalu yang mencapai 20 persen menurun drastis dibanding tahun ini.

"Rata-rata dari Indonesia wilayah barat tiga koma sekian persen, wilayah tengah 2,4 sekian persen, dan Indonesia wilayah timur 1,7 persen," kata Bima.

Meski banyak formasi yang belum terisi secara tes kelulusan murni, nantinya dilakukan sistem ranking yang menentukan berhak tidaknya peserta masuk kedalam formasi tersebut.

Jadi meski nilai salah satu ujian tidak memenuhi syarat kelulusan, peserta masih berpeluang menjadi PNS dengan ranking yang dilaksanakan oleh BKN. (yos/jpnn)


Tingkat kelulusan CPNS menurun drastis dibanding tahun lalu yang lulus hingga 20 persen.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News