Kepala Dinas Tidak Serius, Ganti Saja

Kepala Dinas Tidak Serius, Ganti Saja
Menteri PANRB Asman Abnur saat kunjungan kerja ke Gorontalo. Foto: Humas KemenpanRB

jpnn.com, GORONTALO - Perbaikan kualitas birokrasi menjadi fokus Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Hal ini perlu didukung oleh orang yang bekerja di dalam birokrasi itu yakni Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Menteri PANRB Asman Abnur, diperlukan komitmen yang kuat tidak hanya pada pimpinan tertinggi, tetapi juga komitmen kuat seluruh jajaran pimpinan dan pegawai yang terlibat di dalamnya.

"Kepala SKPD adalah motor perubahan. Ujung tombak mempercepat perubahan birokrasi," ujarnya saat memberikan arahan untuk ASN se-Kabupaten Gorontalo di Pentadio Resort Gorontalo, Selasa (25/04).

Selain itu, diperlukan konsistensi untuk terus-menerus melakukan upaya perbaikan berkelanjutan.Para pejabat yang diberikan amanah seharusnya memberikan contoh kepada bawahannya dan memberikan motivasi untuk selalu berkinerja.

Menteri Asman mengatakan bahwa maju atau mundurnya suatu daerah tergantung komitmen dari penyelenggara negaranya. "Kalau kepala dinasnya tidak serius, ganti saja," tegas Menteri Asman.

Menteri Asman juga berpesan bahwa kepala daerah dan pejabat harus sering turun ke lapangan untuk melihat kondisi yang terjadi. "Tolong tekunin sampai ke bawah. Jangan cuma perintah,” ujarnya.

Pada kesempatan kali ini, Menteri Asman mengapresiasi Pemerintah Gorontalo berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan manajemen pelayanan di pemerintahan melalui upaya penerapan ISO 9001:2015.

Perbaikan kualitas birokrasi menjadi fokus Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News