Keren! PPP Posisi Teratas, Gerindra dan PKS Tiga Kursi

Keren! PPP Posisi Teratas, Gerindra dan PKS Tiga Kursi
Bendera PPP. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, REMBANG - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Kabupaten Rembang. Tetapi perolehan perolehan suara untuk pemilihan DPRD provinsi dan DPR RI, PPP kalah.

Itu berdasarkan hasil hitungan suara yang dikumpulkan tim dari Jawa Pos Radar Kudus hingga 30 April 2019. Masing-masing daerah pemilihan (dapil) di Kota Garam itu, PPP berhasil mengumpulkan antara delapan ribu sampai 22 ribu suara.

Perolehan partai berlambang kakbah itu terbesar di dapil IV yaitu sekitar 22 ribu. Dapil itu ditempati caleg petahana yang juga ketua DPRD Rembang saat ini Majid Kamil. Raihan suara itu terbanyak dari seluruh dapil.

Dari 45 anggota dewan Kabupaten Rembang, lebih dari setengahnya diprediksi diisi wajah baru. Hal itu melihat sejumlah petahana justru tumbang karena suaranya berkurang signifikan dibanding Pileg 2014 lalu.

Berdasarkan prediksi perolehan suara, PPP masih akan menguasai parlemen Kota Garam. Setidaknya, partai berlambang kakbah itu akan memiliki 10 kursi. Partai yang juga kuat yakni PKB, yang diprediksi memiliki 8 kursi. Disusul NasDem yang melejit dengan 7 kursi, serta PDIP dengan 6 kursi.

BACA JUGA: Jika Grace Natalie jadi Menteri, FPI Tidak Akan Diam

Adapun Partai Demokrat yang kini memiliki 7 kursi justru anjlok dengan hanya mendapatkan 4 kursi. Gerindra dan PKS masing-masing mendapatkan tiga kursi, Hanura dengan dua kursi, serta Golkar dan PAN masing-masing satu kursi.

Ketua DPC PPP Majid Kamil saat dikonfirmasi mengungkapkan, secara keseluruhan perolehan suara partainya naik. Namun, putra kiai kharismatik KH. Maimoen Zubair itu tak merinci seberapa banyak kenaikan suara partainya. Meski naik, pihaknya tetap akan mengadakan evaluasi atas perolehannya itu.

PPP atau Partai Persatuan Pembangunan memperoleh suara terbanyak Pemilu 2019 di Kabupaten Rembang, Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News