Kerja Sampai Larut Malam Berbahaya Bagi Jantung?

Kerja Sampai Larut Malam Berbahaya Bagi Jantung?
Serangan Jantung. ILUSTRASI. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Bekerja berjam-jam lamanya bisa menurunkan mood, meningkatkan stres dan bahkan meningkatkan lingkar pinggang.

Kini, sebuah penelitian baru menunjukkan bahaya jantung tersembunyi yang diakibatkan oleh kerja hingga larut malam.

Orang-orang yang menghabiskan lebih dari 55 jam seminggu untuk bekerja mungkin memiliki peningkatan risiko pengembangan fibrilasi atrium, suatu irama jantung yang tidak teratur terkait dengan stroke dan masalah kesehatan lainnya, dibandingkan dengan mereka yang bekerja 40 jam atau kurang.

Analisis baru yang diterbitkan di European Heart Journal dan dipimpin oleh periset University College London, menggabungkan data dari delapan penelitian sebelumnya termasuk penelitian pada lebih dari 85.000 pria dan wanita dari Inggris, Denmark, Swedia dan Finlandia.

Tak satu pun peserta memiliki atrial fibrillation (juga dikenal sebagai AFib) pada awal penelitian, namun 1.061 orang mengembangkannya selama 10 tahun ke depan.

Angka tersebut setara dengan 12,4 kasus AFib per 1.000 orang dalam penelitian ini. Tapi ketika para peneliti melihat secara khusus pada mereka yang bekerja 55 jam seminggu atau lebih, tingkat itu melonjak menjadi 17,6 per 1.000 kasus.

Dengan kata lain, mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak bekerja adalah 40 persen lebih mungkin mengembangkan AFib, dibandingkan dengan mereka yang bekerja 35 hingga 40 jam seminggu, bahkan setelah hasilnya disesuaikan dengan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, obesitas, status sosial ekonomi, merokok, penggunaan alkohol berisiko dan aktivitas fisik waktu luang.

Terlebih lagi, 90 persen kasus tersebut terjadi pada orang-orang yang belum pernah memiliki penyakit kardiovaskular.

Bekerja berjam-jam lamanya bisa menurunkan mood, meningkatkan stres dan bahkan meningkatkan lingkar pinggang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News