Ketahui Dampak Kekurangan Vitamin D

Ketahui Dampak Kekurangan Vitamin D
Ilustrasi makanan yang mengandung sumber vitamin D.

jpnn.com - Salah satu jenis vitamin yang penting untuk tubuh manusia adalah vitamin D. Jenis vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Sumber vitamin D yang paling mudah ditemukan adalah dari sinar matahari. Jarang terpapar sinar matahari sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. 

Namun, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan seperti salmon, sarden, tuna kalengan, tiram, dan udang.

Para vegetarian bisa memperoleh vitamin ini dengan mengonsumsi kuning telur, jamur, dan produk makanan yang diperkaya seperti susu kedelai, serealia, dan oatmeal.

Kekurangan vitamin D selalu dihubungkan dengan penyakit rakitis, osteoporosis, dan juga osteomalasia.

Nyeri tulang dan otot lemah dapat menjadi gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D.

"Jika Anda tidak suka mengonsumsi ikan, kuning telur, keju, susu dan hati sapi, atau Anda adalah seorang vegetarian, bisa saja Anda kekurangan vitamin D," ujar dr. Irma Rismayanty kepada KlikDokter.

Jika Anda ingin mengetahui kadar vitamin D di dalam tubuh, menurut dr. Irma, Anda bisa melakukan tes darah 25-hydroxy vitamin D. Apabila hasil tes tersebut menunjukkan hasil antara 20-50 nanogram/mililiter maka Anda dikatakan sehat. Namun, jika hasil tes darah di bawah dari 12 nanogram/milliliter maka Anda termasuk kekurangan vitamin D.

Jika Anda tidak suka mengonsumsi ikan, kuning telur, keju, susu dan hati sapi, atau Anda adalah seorang vegetarian, bisa saja Anda kekurangan vitamin D

Sumber KLIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News