Ketahui Durasi Olahraga yang Tepat, Agar Jantung Makin Sehat

Ketahui Durasi Olahraga yang Tepat, Agar Jantung Makin Sehat
Berolahraga. Foto: Pixabay

jpnn.com - Berapa lama durasi Anda melakukan aktivitas fisik seperti olahraga? Ya, bila dilakukan dalam jangka waktu yang tepat, olahraga tentunya bakal membuat jantung Anda makin sehat.

Dilansir dari TIME, sebuah penelitian baru menunjukkan fakta yang menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjaga jantung tetap dalam kondisi terbaik, Anda harus berolahraga setidaknya 30 menit selama empat hingga lima kali per minggu.

Berolahraga secara teratur, dinilai memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Sejumlah lembaga merekomendasikan bahwa aktivitas tersebut mesti dilakukan setidaknya selama 150 menit setiap minggu.

Meski begitu, porsi olahraga di atas harus disesuaikan juga dengan kondisi tubuh. Namun, masih ada perdebatan tentang apakah jangka waktu tersebut mesti dilakukan untuk seluruh kalangan, termasuk orang sakit.

Seperti yang telah diketahui, fungsi pembuluh nadi alias arteri seseorang bakal menurun. Kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah penyakit terkait organ jantung. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiology mengatakan bahwa jumlah latihan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Meski begitu, arteri bisa terpengaruh secara berbeda. Hal itu tergantung pada ukuran tubuh kita.

Fakta medis tentang durasi olahraga dan jantung sehat

Demi memahami hal ini, para peneliti meneliti sebanyak 102 pria dan wanita berusia di atas 60 tahun, kemudian mencatat riwayat latihan mereka selama kurang lebih 25 tahun. Para peneliti mengukur aktivitas arteri mereka dan memisahkan ke dalam kelompok yang berbeda, sesuai dengan seberapa sering olahraga yang dilakukan setiap minggu.

Berolahraga empat hingga lima kali seminggu sangat berguna bagi kesehatan arteri secara keseluruhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News