Ketahui Penyebab Orang Bisa Tidur Berlebih

Ketahui Penyebab Orang Bisa Tidur Berlebih
Ilustrasi Tidur. FOTO : pixabay

jpnn.com - Menikmati tidur yang berkualitas memang sangat penting bagi kesehatan. Akan tetapi, tidur terlalu lama telah dikaitkan dengan sejumlah masalah medis, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan peningkatan risiko kematian.

Hal senada juga dikemukakan dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter. Menurutnya, sama halnya dengan kurang tidur, tidur terlalu lama bisa membuat Anda lebih rentan mengalami beragam gangguan kesehatan.  

Mengapa orang dapat tidur berlebihan?

Penyebab tidur berlebihan bisa jadi karena orang tersebut menderita gangguan medis yang disebut hipersomnia. Kondisi ini menyebabkan orang menderita rasa kantuk yang ekstrem sepanjang hari, yang biasanya tidak berkurang dengan tidur siang.

Hipersomnia juga menyebabkan penderitanya tidur dalam waktu yang lama di malam hari. Banyak orang dengan hipersomnia mengalami gejala kecemasan, energi rendah, dan masalah memori sebagai akibat dari kebutuhan mereka yang hampir konstan untuk tidur.

Penyebab lainnya adalah obstruktif sleep apnea. Gangguan ini yang menyebabkan orang berhenti bernapas sesaat saat tidur, sehingga dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan tidur. Itu karena mengganggu siklus tidur normal.

Tentu saja, tidak semua orang yang tidur terlalu lama mengalami gangguan tidur. Kemungkinan penyebab lain dari tidur berlebihan adalah penggunaan zat-zat tertentu, seperti alkohol dan beberapa obat. Selain itu, ada kondisi medis lainnya, termasuk depresi. Kemudian, ada pula orang yang hanya ingin banyak tidur.(klikdokter)


Sama halnya dengan kurang tidur, tidur terlalu lama bisa membuat Anda lebih rentan mengalami beragam gangguan kesehatan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News