Ketahui Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Ketahui Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung
ILUSTRASI. Gejala serangan jantung pada Perempuan. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Serangan jantung membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Segera cari pertolongan medis ke rumah sakit terdekat jika Anda atau orang lain dicurigai mengalami serangan jantung.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai upaya untuk pertolongan pertama saat seseoranh terkena serangan jantung:

1. Periksa kesadaran
Segera lakukan resusitasi jantung paru, jika penderita dalam keadaan tidak sadar. Melakukan resusitasi jantung paru membutuhkan keterampilan yang bisa diperoleh dari pelatihan pertolongan pertama pada kondisi darurat.

Namun jika belum memahami hal tersebut, maka Anda dapat mulai melakukan penekanan jantung dengan kecepatan 100 kali per menit. Jika mungkin, minta arahan dari tim medis yang masih dalam perjalanan melalui saluran telepon.

2. Tenangkan penderita
Selain sesak, penderita yang sadar juga akan merasa cemas saat mengalami serangan jantung. Kondisi tersebut berpotensi memperburuk serangan yang ada dan meningkatkan beban kerja jantung. Karena itu, sangat penting untuk menenangkan penderita.

Coba baringkan penderita pada sandaran yang rata dan nyaman agar dapat beristirahat serta lebih rileks. Kemudian, kendurkan pakaian yang terlalu mengikat, seperti kancing baju atau ikat pinggang, agar penderita bisa bernapas dengan leluasa.

3. Panggil bantuan medis terdekat
Segera cari pertolongan medis. Bila perlu minta pertolongan orang lain, sambil Anda memberikan pertolongan dan mengawasi kondisi penderita. Hubungi nomor telepon darurat untuk respons cepat ambulans.

Jelaskan kepada tim medis yang datang tentang mekanisme terjadinya serangan jantung dan pertolongan apa saja yang sudah dilakukan. Jika kondisi penderita memang stabil, segera bawa ke unit gawat darurat terdekat.

Kecepatan dan ketepatan penanganan serangan jantung yang sedang terjadi sangat berperan dalam keselamatan jiwa penderita. Itu karena serangan jantung adalah kondisi darurat yang harus segera memerlukan pertolongan medis.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News