Ketahuilah, Gejala Kanker Payudara Tidak Hanya Benjolan

Ketahuilah, Gejala Kanker Payudara Tidak Hanya Benjolan
Deteksi kanker payudara. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Diagnosis kanker payudara sering berjalan seperti ini, seorang wanita merasakan benjolan di payudaranya dan membuat janji dengan dokter.

Dokter melakukan beberapa tes - yang mungkin termasuk pemeriksaan payudara, mammogram, ultrasound, biopsi atau kombinasinya dan menentukan benjolan itu bersifat kanker atau bukan.

Itulah mengapa wanita didorong untuk menyelesaikan tes secara teratur dan cukup akrab dengan payudaranya untuk memperhatikan perubahan apa pun.

Tapi benjolan bukan satu-satunya gejala kanker payudara. Bahkan, penelitian awal yang dipresentasikan pada konferensi National Cancer Research Institute yang berbasis di Inggris menunjukkan bahwa 1 dari 6 wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara pertama melaporkan gejala selain benjolan.

Karena tidak ada banyak kesadaran tentang gejala-gejala yang kurang umum ini, para peneliti berhipotesis bahwa apa yang disebut "presentasi atipikal" bisa menunda beberapa diagnosis wanita.

"Tentu saja, hasil diagnosis sebelumnya pada perawatan sebelumnya, yang biasanya cenderung bekerja paling baik," kata Joseph Weber, MD, ahli bedah payudara di Aurora Health Care di Milwaukee, seperti dilansir laman Prevention.

Berikut adalah beberapa gejala yang harus diperhatikan.

1. Perubahan tekstur atau lesung pipi

Penelitian mengungkapkan bahwa, benjolan ternyata bukan satu-satunya gejala kanker payudara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News