Ketahuilah, Seperti Ini Dampak dari Kekurangan Vitamin B12

Ketahuilah, Seperti Ini Dampak dari Kekurangan Vitamin B12
ILUSTRASI. Gadis tampak kelelahan. Salah satu penyebabnya karena kekurangan Vitamin B12. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Sebuah laporan terbaru menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 telah berdampak pada penurunan sel darah merah.

Sebagai contoh, hasil evaluasi dari dokter kepada seorang perempuan berusia 61 tahun ditemukan bahwa perempuan tersebut memiliki kondisi yang disebut anemia Addison. Kondisi ini juga disebut anemia pernisiosa, dan itu disebabkan oleh penurunan sel darah merah karena kekurangan vitamin B12.

BACA JUGA: Vitamin dan Suplemen Bisa Mengganti Diet Seimbang?

Yang paling menakutkan tentang laporan kasus baru adalah bahwa gejala-gejala wanita tersebut meniru gejala demensia, dan wanita itu tidak didiagnosis dengan anemia Addison dan dirawat selama bertahun-tahun.

Kakak perempuan sang perempuan itu merawatnya setelah kesehatan mentalnya memburuk.

"Menurut saudara perempuannya, dia terus berbicara dan berteriak tentang roh-roh kerabat yang sudah meninggal yang bisa dia lihat dengan jelas dan siapa yang menyuruhnya untuk tidak minum obat. Dia takut keluarganya akan meracuninya dan menolak untuk berbagi makanan dengan mereka," kata laporan kasus baru tersebut, seperti dilansir laman MSN, Kamis (23/5).

Selain itu, dia berjuang dengan kehilangan ingatan dan tidak bisa dipercaya untuk pergi keluar sendiri karena dia akan tersesat dan tidak bisa kembali ke rumah tanpa bantuan.

"Pasien sadar tetapi bingung dalam ruang dan waktu. Cara berbicaranya tidak jelas, dan, menurut saudara perempuannya, terkadang tidak bisa dipahami, " laporan itu, mencatat bahwa wanita itu mengalami halusinasi visual dan pendengaran.

Sebuah laporan terbaru menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 telah berdampak pada penurunan sel darah merah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News