Ketemu Jubir Prabowo di Rumah Makan Sambalado, Ketua KPU Kota Pariaman Dipecat

Ketemu Jubir Prabowo di Rumah Makan Sambalado, Ketua KPU Kota Pariaman Dipecat
Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PARIAMAN - Tatap muka antara juru bicara BPN Prabowo - Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak dengan Ketua KPU Kota Pariaman Sumatra Barat Abrar Aziz pada Januari lalu berbuntut panjang.

Abrar diberhentikan alias dipecat dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Sanksi itu dijatuhkan dalam sidang kode etik penyelenggara pemilu yang diselenggarakan DKPP di Ruang Sidang DKPP, lantai 5 Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin No 14, Jakarta, Rabu (10/4).

Sebelumnya, Abrar terdaftar sebagai Teradu dalam perkara nomor 49-PKE-DKPP/III/2019 yang diadukan oleh Koordinator Hukum, Penyelesaian Sengketa dan Penanganan Bawaslu Kota Pariaman, Elmahmudi.

Dia diadukan karena telah bertemu dengan Dahnil Anzar Simanjuntak di Rumah Makan Sambalado, Kota Pariaman. Abrar dinilai terbukti melanggar prinsip mandiri dan proporsional sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 8 huruf b, d dan l juncto Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

(Baca lagi: Mendagri Yakin Tim Pemeriksa Daerah Ikut Menjamin Pemilu Sukses)

“Menjatuhkan sanksi Peringatan Keras dan Pemberhentian dari Jabatan Ketua kepada Teradu Abrar Azis selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman, terhitung sejak dibacakannya putusan ini,” kata ketua majelis Harjono saat membacakan amar putusan Perkara Nomor 49-PKE-DKPP/III/2019, dalam siaran pers di laman resmi DKPP RI.

Dalam pertimbangan putusan, Abrar mengakui telah melakukan pertemuan dan makan malam bersama Dahnil. Dia berdalih bahwa pertemuan tersebut tidak ada urusannya dengan politik dan murni spontanitas dalam menjalin tali silaturahmi sebagai teman lama. Abrar dan Dahnil pernah bersama mengurus Pemuda Muhammadiyah pusat.

Nah, Dahnil pun geram mendengar keputusan DKPP ini. Dia kaget, makan malamnya bersama Abrar berujung pemecatan temannya itu. Menururt Dahnuil, Abrar merupakan adiknya di PP Pemuda Muhammadiyah.

Ketua KPU Kota Pariaman diadukan karena telah bertemu dengan Dahnil Anzar Simanjuntak di Rumah Makan Sambalado

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News