Senin, 29 Mei 2017 – 07:05 WIB

Ketua DPR Ajak Semua Pihak Teruskan Spirit Harkitnas

Sabtu, 20 Mei 2017 – 16:36 WIB
Ketua DPR Ajak Semua Pihak Teruskan Spirit Harkitnas - JPNN.COM

Ketua DPR Setya Novanto. Foto: Humas DPR

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto mengingatkan semua kalangan tentang spirit Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Menurutnya, Harkitnas merupakan salah satu bentuk perjuangan founding fathers dan pelopor pergerakan perjuangan menuju perwujudan cita-cita kemerdekaan.

“Momentum ini begitu bersejarah dan menjadi salah satu tonggak penting bagi tegaknya nasionalisme sebagai bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Dengan perasaan yang sama tentang diri yang tertindas, terjajah dan terbelenggu oleh rezim kolonial, organisasi Boedi Oetomo yang menaungi kaum terdidik kala itu, bangkit melawan penjajahan dengan ide, gagasan dan pikiran tentang pentingnya persatuan,” ujar Novanto, Sabtu (20/5).

Lebih lanjut Novanto mengatakan, peringatan Harkitnas kali ini memang berada dalam suasana yang begitu mendesak untuk menggali masa depan NKRI. Menurutnya, kebangkitan nasional memerlukan persatuan dan kesatuan.

“Dengan pemahaman tentang nasionalisme yang utuh, kita mampu mewujudkan cita-cita bangsa dan negara sebagaimana yang diamanatkam oleh para pendahulu dan pendiri bangsa ini,” sambungnya.

Karenanya Novanto menegaskan, di tengah situasi sosial kemasyarakatan yang dapat terpecah dan terfragmentasi maka nilai-nilai nasionalisme harus diasah, dibina dan dikonsolidasikan setiap saat. Untuk itu pula dibutuhkan peran para cerdik pandai, para alim dan ulama serta para kaum profesional yang senantiasa membangkitkan semangat dan harapan tentang Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang. 

“Sebagaimana peran para pelopor kebangkitan dan kemerdekaan masa lalu, mereka pun sejatinya mampu menyuarakan visi dan misi yang sama tentang NKRI, tentang Pancasila sebagai dasar negara yang mampu menyatukan perbedaan yang kita miliki,” tegasnya.

Ketua umum Partai Golkar itu meyakini Harkitnas telah mengilhami masa kini dan masa depan untuk merespons dinamika dan tantangan kehidupan berbangsa di negara yang beraneka ragam suku, agama dan ras. Inspirasi itu pula yang membuat Indonesia hingga saat ini masih bersatu dan berdiri.

Selain itu Novanto juga mengatakan, Harkitnas bukanlah sekadar ritual peringatan tahunan. Lebih dari itu, katanya, Harkitnas memberi pelajaran berharga tentang bagaimana menyikapi perbedaan dalam berbagai aspek kehidupan di alam demokrasi.

TAGS   DPR
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini