Ketua DPR Berharap Perdagangan Indonesia-Lithuania Meningkat

Ketua DPR Berharap Perdagangan Indonesia-Lithuania Meningkat
Ketua DPR Setya Novanto menerima kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (17/5). Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto menyatakan kunjungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskatie memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral Indonesia-Lithuania. Terlebih lagi ini merupakan kunjungan pertama Presiden Dalia ke Indonesia.

“Sejak hubungan diplomatik terjalin pada tahun 1993, kami melihat hubungan bilateral Indonesia-Lithuania berjalan dengan baik. Kedua negara memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan,” kata Novanto di gedung DPR, Senayan, Rabu (17/5).

Menurutnya, nilai perdagangan kedua negara belum terlalu besar. Namun pada tahun 2016 sudah tercatat sebesar USD 38,6 juta. “Kami berharap nilai perdagangan kedua negara di tahun-tahun mendatang dapat ditingkatkan,” ungkap Novanto.

Dia menjelaskan dengan potensi dan kelebihannya masing-masing, kedua negara harus dapat saling melengkapi untuk memajukan kerja sama bilateral. Misalnya kerja sama di bidang energi terbarukan.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi keinginan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bilateral sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, kerja sama antarparlemen sudah tentu juga penting dilakukan untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. Untuk itu pula, kerja sama antara parlemen Lithuania dan DPR perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

Untuk lebih saling mengenal di antara masyarakat kedua negara, program people to people contact juga perlu dikembangkan, terutama melalui kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.

Novanto mengatakan, letak kedua negara yang berjauhan, diharapkan tidak menjadi penghambat bagi masyarakat Indonesia dan Lithuania untuk bisa saling mengenal lebih dekat. (boy/jpnn)


Ketua DPR Setya Novanto menyatakan kunjungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskatie memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral Indonesia-Lithuania.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News