Ketua DPR Resmikan Ardindo Mart

Ketua DPR Resmikan Ardindo Mart
Ketua DPR Bambang Soesatyo di peresmian Ardindo Mart. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bangga terhadap Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (ARDINDO) yang berhasil meluncurkan ARDINDO MART sebagai sebuah upaya memberdayakan koperasi dan UMKM.

Sekaligus, mendorong jiwa kewirausahaan dalam mendongkrak perekonomian nasional.

"Sebagai toko serba ada yang modern, kehadiran ARDINDO MART tidak boleh mematikan pedagang kelontong maupun perdagangan rakyat dalam skala kecil. Justru ARDINDO MART akan membantu mendorong pengembangan pedagang eceran maupun UMKM dengan semangat kolaborasi, gotong royong dan kekeluargaan," ujar Bamsoet saat meresmikan ARDINDO MART di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (16/11).

Hadir dalam acara ini antara lain Sekjen ARDINDO Herman Heru Suprobo, Bendahara Umum ARDINDO Erwin Kurniawan, Waketum ARDINDO Irawadi Hanafi, Ikang Fauzi dan Toha MS, Wabendum ARDINDO Suprayogi Soepaat serta sejumlah pengurus ARDINDO pusat dan daerah.

Bamsoet yang juga Ketua Umum ARDINDO ini menjelaskan, berbeda dengan ritel maupun toserba lainnya, ARDINDO MART mempunyai konsep 'Berbelanja Sambil Beramal'.

Dana amal diambil bukan dengan menaikan harga barang yang dijual, tapi  diambil dari keuntungan usaha.

"ARDINDO MART menjual barang dengan harga terjangkau, lebih murah dibanding ritel lainnya. Walaupun keuntungan yang diambil tidak besar, ARDINDO MART tetap menyisihkan 2,5 persen untuk kegiatan amal membantu saudara-saudara sebangsa yang membutuhkan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menambahkan, para pelaku UMKM yang ingin menjadi mitra ARDINDO MART tidak dikenakan listing fee (biaya awal yang harus dibayar pemasok pada swalayan/peritel yang bersedia menjual produk pemasok), sebagaimana diterapkan pada usaha ritel terkenal lainnya hingga miliaran rupiah untuk satu item produk agar bisa dijual di tokonya. Karena yang dikejar bukan hanya sekadar keuntungan besar semata, melainkan bagaimana bisa memberdayakan masyarakat untuk maju bersama.

Ardindo Mart menjual barang dengan harga terjangkau, lebih murah dibanding ritel lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News