Ketua MPR Resmikan Patung Terbesar di Asia Tenggara

Ketua MPR Resmikan Patung Terbesar di Asia Tenggara
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat meresmikan patung Kongco Kwan Sing Tee Koen di Tuban, Jawa Timur, Senin (17/7). Foto: Djainab Natalia Saroh/JPG

jpnn.com, TUBAN - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan meresmikan patung jenderal perang Kongco Kwan Sing Tee Koen 30,4 meter terbesar se-Asia Tenggara di Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Zulkifli menyambut positif keberadaan patung Dewa Kwan Sing Tee Koen di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Jawa Timur. Apalagi patung tersebut mendapatkan rekor MURI sebagai patung terbesar se-Asia Tenggara.

Dia juga berharap patung setinggi 30.4 meter bisa menjadi salah satu ikon wisata di Tuban.

"Semalam saya berdiskusi dengan Pak Alim (ketua penilik klenteng), yang diwariskan Kongco Kwan Sing Tee Koen adalah kesetiaan, kejujuran dalam membela negara. Saya kira ini sikap yang sangat penting untuk diteladani dalam kegiatan bernegara,” ujar Zulkifli Hasan di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Jawa Timur, Senin (17/7).

Pemilik Klenteng, Alim Sugiantoro, menuturkan, Kongco Kwan Sing Tee Koen merupakan Jenderal perang yang memiliki kejujuran dan kesetiaan. "Dimana-mana ada patung Jenderal perang ini, termasuk di China. Peresmian ini sekaligus perayaan ulang tahun Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1857," jelas Alim Sugiantoro.

Pria yang juga menjadi kordinator HUT Klenteng mengungkapkan, pembangunan patung tersebut dikerjakan selama 1,5 tahun. Dan menghabiskan dana sebesar Rp 2,5 miliar. "Dana itu merupakan sumbangan dari jamaah," ungkapnya.

“Patung dibuat dengan bahannya ada tembaga, besi, semen dan pasir lalu cat. Ini juga akan jadi ikon dan sangat dipercaya orang. Bahkan nelayan yang mau berlayar pun datang ke sana," tambahnya.(mg7/JPG)


Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan meresmikan patung jenderal perang Kongco Kwan Sing Tee Koen 30,4 meter terbesar se-Asia


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News