Ketum MUI Imbau Habib Rizieq Patuhi Proses Hukum

Ketum MUI Imbau Habib Rizieq Patuhi Proses Hukum
Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin dalam konferensi pers di Istana Negara. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma'ruf Amin mengimbau Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk mematuhi proses hukum.

Hal itu disampaikan Ma'ruf berkaitan dengan kasus dugaan chat berkonten porno yang menjerat Habib Rizieq.

"Iya, harus (mematuhi hukum). Sebagai negara hukum, kita harus mematuhi pada proses hukum," kata Ma'ruf usai acara Wisuda Pendidikan Kader Mubaligh Koordinasi Dakwah Islam DKI di Balai Kota, Jakarta, Rabu (17/5).

Kasus yang melibatkan Rizieq ditangani oleh Polda Metro Jaya. Dalam kasus tersebut, Rizieq berstatus saksi.

Rizieq saat ini berada di Saudi Arabia. Karena itu, dia tidak memenuhi panggilan penyidik Dirkrimsus Polda Metro Jaya sebagai saksi kasus chat mesum.

Kiai Ma'ruf enggan berkomentar banyak mengenai kasus ini, termasuk mengenai sikap Habib Rizieq yang tidak memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. "Itu urusan polisi, saya enggak tahu persis," ujarnya.

Ma'aruf mengatakan, tidak tahu alasan Rizieq tidak kembali ke Indonesia. "Kenapa Rizieq enggak pulang, yang tahu ya Rizieq. Jadi, kalau saya yang menilai, saya takut saya salah menilai," tuturnya.

Saat disinggung apakah kasus Rizieq merupakan bentuk kriminalisasi ulama, Ma'ruf mengaku, tidak bisa menentukannya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma'ruf Amin mengimbau Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk mematuhi proses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News