Khusus Dewasa! Ini Pengaruh Latihan Intensif terhadap Libido Pria

Khusus Dewasa! Ini Pengaruh Latihan Intensif terhadap Libido Pria
Olahraga lari. Foto: Health

jpnn.com - Latihan kebugaran yang intens atau lama ternyata berpotensi merusak libido pria. Demikian menurut sebuah studi yang diumumkan baru-baru ini.

Untuk riset ini, para peneliti memeriksa data kebiasaan olah raga dan libido 1077 laki-laki sehat. Hasilnya, pria yang lebih santai dalam berolah raga punya kemungkinan memiliki libido normal atau tinggi tujuh kali lebih besar dari mereka yang intens.

Sementara, mereka yang menghanbiskan waktu paling sedikit untuk melatih kebugaran, justru kemungkinan memiliki libido normal atau tinggi empat kali lebih besar ketimbang mereka yang menghabiskan waktu paling lama.

"Studi kami adalah yang pertama meneliti dampak latihan kebugaran dalam volume besar selama bertahun-tahun," ujar pimpinan penelitian Anthony Hackney.

Sekitar 47 persen dari pria dengan libido rendah dalam studi ini dilaporkan berolahraga lebih dari 10 kali seminggu dan 65 persen dari mereka mengatakan melakukan latihan lebih dari 10 jam setiap minggu.

Kurang dari tujuh persen pria dengan libido normal atau tinggi melakukan latihan serupa. Sementara itu, jenis latihan terfavorit subjek penelitan adalah lari.

"Olahraga/latihan yang terlalu berlebihan bisa menekan produksi testosteron dan produksi sperma pada pria," kata Khoo Dr. Joan Khoo, seorang peneliti di Rumah Sakit Umum Changi di Singapura yang tidak terlibat dalam studi ini.(fny/jpnn)


Latihan kebugaran yang intens atau lama ternyata berpotensi merusak libido pria. Demikian menurut sebuah studi yang diumumkan baru-baru ini.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber lifescript

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News