Khusus Penderita Penyakit Kronis, Ini Manfaat Tai Chi Bagi Anda

Khusus Penderita Penyakit Kronis, Ini Manfaat Tai Chi Bagi Anda
salah satu gerakan seni bela diri Tai Chi. FOTO: Fox News

jpnn.com - Tai chi adalah seni bela diri dan teknik menggerakkan badan yang berkembang di Tiongkok. Inti dari tai chi adalah gerakan yang lambat dan pengkoordinasian pernapasan.

Gerakan-gerakan yang ada dalam seni bela diri ini dianggap aman sehingga membuat banyak orang di seluruh dunia dan di berbagai usia mencoba untuk mempraktekkannya.

Tai chi tidak sekedar sebagai sebuah seni bela diri. Namun, dengan mempraktekkan gerakan-gerakan tai chi ada berbagai manfaat untuk kesehatan yang bisa didapatkan.

Khususnya bagi orang-orang dengan penyakit kronis seperti misalnya kanker arthritis, latihan tai chi bisa meningkatkan kekuatan berjalan, membangun kekuatan dan mengurangi rasa sakit, menurut analisis baru dari penelitian sebelumnya.

Gerakan lambat dan lembut tai chi mungkin sangat cocok untuk orang-orang setengah baya dan lebih tua.

“Mengingat fakta bahwa banyak orang setengah baya dan lebih tua memiliki lebih dari satu kondisi penyakit kronis, penting untuk mendapatkan manfaat pengobatan / latihan dari mana saja,” kata penulis utama Yi-Wen Chen, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (25/10).

Tim Chen menganalisis data hasil dari 33 studi yang melihat efek dari tai chi di antara orang dengan empat kondisi kronis: kanker, gagal jantung, osteoarthritis dan kronis obstruktif penyakit paru (PPOK). Beberapa dari mereka juga memiliki masalah kesehatan tambahan.

Studi Chen dan rekan-rekannya meneliti total lebih dari 1.500 peserta dan menggunakan tai chi sebagai intervensi untuk salah satu dari empat kondisi kronis.

Tai chi adalah seni bela diri dan teknik menggerakkan badan yang berkembang di Tiongkok. Inti dari tai chi adalah gerakan yang lambat dan pengkoordinasian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News