Kiat Bebas Depresi Saat Jagoan Anda Kalah Dalam Pilkada

Kiat Bebas Depresi Saat Jagoan Anda Kalah Dalam Pilkada
Ilustrasi depresi. Foto: AFP

jpnn.com - Pilkada serentak sudah digelar pada 27 Juni kemarin di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.

Beberapa provinsi tersebut di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Biasanya, saat musim Pilkada, orang yang cukup fanatik mendukung jagoannya berisiko terkena depresi saat orang yang dipilihnya kalah dalam penghitungan suara.

Anda termasuk dalam golongan yang fanatik juga? Nah, agar tidak berlarut-larut dalam kekecewaan atas kekalahan calon yang Anda pilih, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko depresi usai Pilkada:

1. Cobalah untuk bersenang-senang.

Buatlah rencana dan lakukan hal-hal yang membuat Anda senang. Traveling, kuliner, atau sekadar berkebun, pilih yang sesuai dengan hobi Anda. Dengan melakukan hal yang disenangi, maka pikiran Anda akan terbebas dari pikiran negatif tentang hasil Pilkada.

2. Lakukan hal baru.

Saat Anda melakukan hal baru yang menantang, otak akan memproses untuk memproduksi dopamin lebih banyak. Dopamin ini merupakan hormon yang memengaruhi pikiran positif, serta perasaan nyaman dan bahagia.

3. Tidur cukup.

Agar tidak berlarut-larut dalam kekecewaan atas kekalahan calon yang Anda pilih, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News