Kiat-Esemka Bisa Dirakit di Kaltim

Kiat-Esemka Bisa Dirakit di Kaltim
Kiat-Esemka Bisa Dirakit di Kaltim
SAMARINDA – Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim telah menjajaki kerjasama dengan SMK 2 Solo yang merakit mobil Kiat Esemka. Penjajakan kerjasama ini dilakukan jauh hari sebelum booming di media. Tujuannya, agar anak-anak asal Kaltim memiliki kesempatan untuk ambil bagian dalam membuat mobil yang menjadi kebanggaan bangsa itu.

Menurutnya, kerja sama dijajaki dengan pihak yang terlibat dalam perakitan mobil Esemka, yaitu SMK 2 Solo dan pihak Solo Technopark. "Sejak diadakan LKS (latihan keterampilan siswa) SMK, jauh sebelum booming mobil itu, kami sudah memproses kerja sama tersebut," ungkap Musyahrim.

Pihaknya, sejak beberapa bulan lalu telah datang ke Solo untuk membicarakan kerja sama itu. Dikatakan, arah kongsi antar-SMK, ketika mobil benar-benar lolos uji kelaikan dan mendapat izin Kementerian Perhubungan untuk diproduksi massal adalah ketersediaan mobil murah. Kaltim, kata dia, bisa ambil bagian dalam penyediaan spare part. "Sekali lagi, setelah mobil itu benar-benar lolos pengujian. Sebab, setahu saya prosesnya itu panjang," imbuh dia.

Adapun SMK di Kaltim yang bisa bekerja sama tadi adalah SMK 6 dan SMK 2 Samarinda, SMK 1 Balikpapan, serta SMK 2 Tarakan. "Bukan tidak mungkin dirakit di sini (Kaltim)," ungkapnya.

SAMARINDA – Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim telah menjajaki kerjasama dengan SMK 2 Solo yang merakit mobil Kiat Esemka. Penjajakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News