Kiat Hidup Sehat Bebas Stroke

Kiat Hidup Sehat Bebas Stroke
Mewaspadai Stroke Sejak Dini, Ini yang Harus Dilakukan! Foto INT

jpnn.com - Sejak seseorang terserang stroke, biasanya tak butuh waktu lama kemudian penyakit itu merenggut nyawa. Sebagai upaya pencegahan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk hidup bebas dari stroke.

Hidup bebas dari stroke

Jika Anda tidak mau terserang stroke, upaya pencegahan stroke harus dilakukan sejak dini. Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, stroke bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan medis secara rutin dan deteksi dini sejak usia 20 tahun.

"Pemeriksaan medis rutin yang direkomendasikan sebaiknya meliputi pemerikaan tekanan darah, pemeriksaan fisik, kadar kolesterol lengkap saat puasa (LDL, HDL, trigliserida), kadar gula darah, ukuran lingkar pinggang, dan rekam jantung standar (EKG)," ujar dr. Andika.

Selain itu, ada cara lain untuk hidup Anda terbebas dari stroke. Berikut beberapa caranya:

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah langkah penting yang bisa Anda ambil untuk mengurangi risiko stroke, terutama mencegah serangan kedua terjadi. Manfaatnya datang dengan cepat, hanya lima tahun setelah Anda berhenti merokok, risiko Anda untuk stroke akan sama dengan orang yang tidak merokok. Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar yang menyebabkan stroke.

2. Jaga tekanan darah

Langkah-langkah tersebut akan berguna bagi Anda yang belum terkena stroke atau sudah pernah terkena serangan tapi tak mau mengalami serangan stroke berikutnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News