KIPP: Pilkada Serentak 2017 Jakarta Sentris

KIPP: Pilkada Serentak 2017 Jakarta Sentris
KIPP: Pilkada Serentak 2017 Jakarta Sentris

jpnn.com - JAKARTA - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia menyoroti kinerja penyelenggara pilkada 2017 yang digelar di 101 daerah. 

Menurut Careteker KIPP Indonesia Kaka Suminta, selama ini penyampaian informasi terkait pilkada oleh media terkesan lebih banyak menyoroti Pilkada DKI Jakarta. 

"Jadi kesannya Jakarta Sentris. Karena itu kami menilai KPU sebagai penyelenggara perlu meningkatkan sosialisasi tahapan pelaksanaan pilkada di 101 daerah," ujar Kaka, Selasa (15/11).

Sementara itu kepada pihak yang membuat prediksi indeks kerawanan Pilkada termasuk Bawaslu, KIPP menyarankan untuk lebih cermat dan mampu melihat potensi kerawanan secara utuh. 

Langkah ini penting agar bersama aparatur keamanan, dapat diambil langkah-langkah konkret untuk memecah permasalahan kerawanan keamanan yang sudah muncul. 

Sekaligus memberikan perhatian yang proporsional kepada 101 daerah yang sedang melaksanakan Pilkada.

"Terkait tahapan pemutahiran data pemilh, KPU dan Bawaslu diharapkan dapat membentuk daftar pemilih yang faktual dan berkualitas, dengan mengantisipasi kesalahan, kecurangan dan penyalahgunaan proses dan hasil pendataan pemilih," ujar Kaka.

Mengingat banyaknya ditemukan kasus pembuatan KTP palsu yang digunakan warga negara asing di berbagai daerah, KIPP juga mengharapkan KPU dan Bawaslu dapat mengantisipasinya.

JAKARTA - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia menyoroti kinerja penyelenggara pilkada 2017 yang digelar di 101 daerah.  Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News