Minggu, 25 Juni 2017 – 20:52 WIB

KKP Pastikan Data Stok Ikan Lestari dari Lembaga Terpercaya

Selasa, 20 Juni 2017 – 15:24 WIB
KKP Pastikan Data Stok Ikan Lestari dari Lembaga Terpercaya - JPNN.COM

Ilustrasi. Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Foto IST

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyampaikan data estimasi potensi jumlah tangkapan sumber daya ikan (SDI) yang diperbolehkan di wilayah pengelolaan perikanan Republik Indonesia (WPP RI) dan berbagai data pencapaian kepemimpinan Susi Pudjiastuti.

Data yang dipaparkan merupakan hasil kajian badan yang memiliki kapasitas dan otoritas, dengan metoda koleksi data serta proses analis berdasarkan sains, dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Kepala BRSDM KP M. Zulficar Mochtar mengatakan, data-data terkait jumlah stok ikan lestari atau maximum sustainable yield (MSY) Indonesia dan beberapa data lainnya mengenai kelautan dan perikanan lainnya didapatkan dari pengkajian stock assessment hasil kerja sama dengan Komnas Kajiskan.

Komnas Kajiskan adalah komisi yang diamanahkan Undang-undang dan dibentuk melalui Peraturan Menteri (Permen). Anggotanya terdiri dari profesional akademisi dan lilmuwan dari lembaga penelitian, perguruan tinggi, maupun kementerian.

“Kami sebagai lembaga berusaha secara objektif mengevaluasi kebijakan-kebijakan pemerintah. Harapannya, dari waktu ke waktu itu kondisi sumber daya kita semakin sehat,” ujar Ketua Komnas Kajiskan Indra Jaya.

Indra turut memastikan, tak ada kebohongan atau pun manipulasi dari data yang dikeluarkan Komnas Kajiskan. Semua data yang diperoleh merupakan hasil pengkajian stock assessment melalui prosedur dan tahapan yang ilmiah.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Statistik dan Produksi BPS Pusat Adi Lukmasono mengungkapkan hal serupa. Dia mengaku kecewa kpsaat data yang dikeluarkan BPS sebagai badan penghasil data utama mendapat indikasi tidak percaya dari publik.

Menurutnya hal itu bisa merusak kredibilitas BPS sebagai lembaga independen di mata masyarakat.(chi/jpnn)

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini