Klarifikasi Kiai Ma'ruf soal Videonya Sebut Ahok Sumber Konflik

Klarifikasi Kiai Ma'ruf soal Videonya Sebut Ahok Sumber Konflik
KH Ma'ruf Amin dan Koordinator Media TKN Monang Sinaga. Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, GARUT - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin mengklarifikasi viral video lama tentang pendapatnya soal Basuki T Purnama alias Ahok yang harus dihabisi karena menjadi sumber konflik. Kiai Ma’ruf mengatakan, video itu direkam saat ada beberapa ustaz menemuinya untuk mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres).

Menurut Kiai Ma’ruf, video yang beredar itu tak utuh dan kehilangan konteks. Sebab, pendapatnya dalam video itu sebagai respons terhadap beberapa ustaz yang menyamakan Joko Widodo (Jokowi) dengan Ahok.

“Sekarang saya buka saja, beberapa ustaz waktu itu minta mengajak saya untuk dukung Anies sebagai calon presiden. Dia mengaca itu bisa berhasil ketika Anies mengalahkan Ahok di Jakarta. Begitu,” ujar Kiai Ma’ruf di sela-sela safari politiknya di Garut, Jawa Barat, Kamis (4/4).

Baca juga:

Prabowo - Sandi Dapat Amunisi jika Ahok Deklarasikan Dukungan ke Jokowi

Ahok Bikin PDIP Ditinggal Pemilih, Masa Sih?

Menurut Kiai Ma’ruf, dirinya langsung menolak ajakan para ustaz itu. Dia lantas membedakan antara Joko Widodo dengan Ahok.

“Saya tak setuju. Saya waktu itu menggunakan istilahnya sumber konflik terjadi karena Ahok. Oleh karena itu tentu Ahok harus kita cegah kalau dia terus menjadikan bangsa ini berkonflik,” ucap pendamping Jokowi di Pilpres 2019 itu.

KH Ma’ruf Amin mengklarifikasi viral video lama tentang pendapatnya soal Basuki T Purnama alias Ahok yang harus dihabisi karena menjadi sumber konflik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News