KLHK dan Menko Luhut Luncurkan Program Gerakan Indonesia Bersih

KLHK dan Menko Luhut Luncurkan Program Gerakan Indonesia Bersih
Menko Luhut bersama KLHK luncurkan Gerakan Indonesia Bersih. Foto: Elfany Kurniawa/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menggelar acara peluncuran program Gerakan Indonesia Bersih (GIB) di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (28/4).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, GIB ini adalah kegiatan bersih-bersih dan mengampanyekan peduli lingkungan sebagai identitas nasional.

Luhut pun menyebut program pengelolaan sampah menjadi program pemerintah yang sangat penting yang harus dilakukan secara terpadu oleh semua pihak.

“Pengelolaan sampah juga harus memiliki manfaat ekonomi dan lingkungan. Dan yang paling penting, harus bisa mengubah perilaku masyarakat akan lingkungan,” kata Luhut, di car free day (CFD) Bundaran HI, Jakarta.

Luhut menambahkan, upaya pengelolaan sampah dapat menambah nilai ekonomi apabila dilakukan secara baik. Salah satu contohnya yakni, aspal plastik yang diupayakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merupakan salah satu hal yang sedang digenjot pemerintah.

Dia menjelaskan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar memiliki banyak sumber daya kelautan dan perikanan termasuk potensi wisata yang sudah menjadi tujuan turis dunia.

Untuk saat ini, GIB sudah ada di 12 daerah. Luhut berharap, upaya menggerakkan masyarakat agar peduli terhadap lingkungan dioptimalisasikan secara maksimal. Luhut juga mengajak kepada seluruh elemen untuk menyadari dampak penggunaan plastik yang dipakai sehari-hari.

“Maka kita perlu memberikan edukasi kepada masyarakat secara konsisten, GIB ini akan kita upayakan terus meluas,” kata dia.

Luhut menyebut pengelolaan sampah menjadi program pemerintah yang sangat penting, yang harus dilakukan secara terpadu oleh semua pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News