KLHK Kampanyekan Ramadan Bersih Sampah di Rest Area Cibubur

KLHK Kampanyekan Ramadan Bersih Sampah di Rest Area Cibubur
Tampak siswa-siswi mengampanyekan pengurangan penggunaan sampah plastik di rest Area. Foto: Humas KHLK

jpnn.com, CIBUBUR - Menyemarakkan bulan suci Ramadan 1440 Hijriah, KLHK menyelenggarakan sejumlah kampanye Ramadan Bersih Sampah, salah satunya di rest area tol Jagorawi Km. 10, Cibubur (16/5).

KLHK menyajikan takjil tanpa plastik dan mengajak pengunjung rest area untuk mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai.

“Ramadan adalah bulan kebaikan dimana seringkali umat Islam membagikan takjil atau makanan berbuka puasa bagi sesama. Namun meningkatnya konsumsi makanan/minuman juga berbanding lurus dengan meningkatnya kemasan makanan tersebut. Untuk itulah KLHK mengkampanyekan Takjil Asik Tanpa Plastik sehingga jumlah produksi sampah bisa diturunkan," ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM), Helmi Basalamah.

Ibadah puasa yang identik dengan anjuran untuk menahan diri dan disiplin, ternyata justru cenderung untuk konsumsi berlebih di bulan Ramadan.

Di Jakarta saja, selama Ramadan 2018 ada tambahan 289 ton sampah makanan dan kemasan makanan setiap harinya, termasuk kemasan plastik sekali pakai.

Lebih lanjut, menghadapi musim mudik Lebaran 2019, rest area menjadi salah satu tempat yang disinggahi oleh banyak orang untuk berbagai aktivitas dan berpotensi menimbulkan sampah dan membuat rest area menjadi tempat yang tidak nyaman.

Untuk itu, KLHK menggandeng pelajar SD, SMP dan SMA peraih penghargaan Adiwiyata Nasional untuk melaksanakan kampanye “Kendalikan Sampah Plastik”  .
 
Sebanyak 60 murid dan 15 guru dari 7 sekolah Adiwiyata Nasional melakukan kampanye di kawasan rest area Cibubur. Para pelajar berinteraksi dengan para pengunjung rest area, menukar tas plastik yang masih digunakan masyarakat dan menggantinya dengan tas guna ulang ramah lingkungan, serta membagikan tumbler.

Sejumlah pengunjung masih kedapatan menggunakan tas plastik sekali pakai.

KLHK menyajikan takjil tanpa plastik dan mengajak pengunjung rest area untuk mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News