KM RoRo Ihan Batak Resmi Diluncurkan di Danau Toba

KM RoRo Ihan Batak Resmi Diluncurkan di Danau Toba
KM Roro yang diluncurkan di Tobasa. Foto : IG/Pemkabsamosir

jpnn.com, TOBASA - Pemerintah meluncurkan Kapal Motor (KM) Ro-Ro bernama Ihan Batak, Sabtu (1/9/2018) di Pantai Parparean Porsea, Toba Samosir (Tobasa).

Rencananya kapal ini akan melayani trayek Ajibata (Kabupaten Tobasa) ke Ambarita (Kabupaten Samosir).

“Kapal ini akan siap beroperasi pada Oktober 2018,” ujar Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia Irjen Pol. Budi Setyadi, Sabtu (1/9).

Turut hadir dalam peresmian ini Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Kepala Badan Otoritarianisme Danau Toba (BODT) Arie Prasetio dan Direktur PT Doc Bhari Nusantara, Sophan Sofyan sebagai kontraktor.

Dalam sambutannya, Budi Setyadi bahwa sampai tahun 2020 akan diluncurkan empat unit kapal yang melayani penyeberangan di Danau Toba.

Ini sesuai dengan komitmen Pemerintah Pusat yang menetapkan Danau Toba sebagai kawasan strategis nasional.

“Presiden Jokowi berkomitmen mengembangkan wilayah Danau Toba dengan menetapkan Danau Toba sebagai 10 kawasan Strategis Parawisata Nasional dan bahkan menetapkan sebagai 4 daerah Parawisata Superprioritas Parawisata Nasional. Ini salah satu wujud komitmen Pak Jokowi dengan pembangunan Kapal penyeberangan di Danau Toba,” jelasnya.

KM Ro-Ro ini bertonase 300 Ton GW dikerjakan PT Dok Bahari Nusantara dengan besaran anggaran Rp 32 miliar, merupakan kapal sejenis kapal laut, sehingga dalam pelayarannya di Danau Toba nyaman dan aman.

Pemerintah meluncurkan Kapal Motor (KM) Ro-Ro bernama Ihan Batak, Sabtu (1/9/2018) di Pantai Parparean Porsea, Toba Samosir (Tobasa).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News