KM Sabuk Nusantara 66 Diharapkan Bisa Tingkatkan Keselamatan

KM Sabuk Nusantara 66 Diharapkan Bisa Tingkatkan Keselamatan
Ilustrasi. Kapal. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono menyambut baik beroperasinya Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 66.

Kapal ini resmi beroperasi melayani masyarakat di Kepulauan Seribu, menggantikan KM. Sabuk Nusantara 46, yang sebelumnya telah beroperasi sejak awal 2016.

Tonny menyampaikan saat ini mobilisasi arus barang dan penumpang di wilayah Kepulauan Seribu masih banyak dilayani kapal-kapal tradisional yang sangat rentan terhadap kecelakaan.

“Untuk itu, saya berharap dengan ditempatkannya kapal perintis KM. Sabuk Nusantara 66 ini bisa meningkatkan keselamatan, keamanan dan ketertiban angkutan laut di wilayah perairan Kepulauan Seribu," ucap Tonny.

Bahkan, sambung Tonny tarif KM Sabuk Nusantara 66 sangat terjangkau yakni Rp 15 ribu.

"Dengan harga yang terjangkau oleh kemampuan masyarakat,” imbuh Tonny.

Sebagai informasi KM. Sabuk Nusantara 66 merupakan kapal perintis buatan PT. Karimun Marine Shipyard, dan memiliki spesifikasi panjang 42 meter, lebar 9 meter, tinggi 4 meter, kecepatan 12 Knot, daya mesin 2 x 600 HP.

Adapun, kapasitas penumpang kapal ini sebanyak 114 orang, kapasitas ruang muat 100 Ton, dan jumlah ABK 18 orang.(chi/jpnn)


Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono menyambut baik beroperasinya Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 66.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News