Kolesterol Naik Usai Liburan? Konsumsi 3 Minuman ini

Kolesterol Naik Usai Liburan? Konsumsi 3 Minuman ini
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Jika liburan telah tiba sederet agenda wisata tentu sudah Anda persiapkan, termasuk mencicipi kuliner di tempat wisata. Hati-hati, jangan terlalu terbuai dan kalap mencicipi semuanya. Ketika kolesterol naik, berbagai bahaya penyakit mengintai Anda.

Bahaya ketika kadar kolesterol naik

Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak dalam tubuh manusia. Substansi lemak ini pada dasarnya sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk membentuk hormon. Di dalam darah sendiri terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol HDL (lebih dikenal sebagai kolesterol baik) dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). 

Namun, ketika jumlahnya terlalu berlebihan, kolesterol justru dapat menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan. Hal ini berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah tepi.

Kondisi penyempitan pembuluh darah ini bukanlah kondisi yang dapat dipandang enteng. Penyakit jantung koroner serta penyakit pembuluh darah lain akibat kolesterol menjadi penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia. Oleh sebab itu, menurunkan kadar kolesterol LDL solusi untuk mencegahnya.

Menurut penelitian, setiap penurunan 1 persen kadar kolesterol LDL, risiko terkena penyakit jantung koroner bisa berkurang 1-2 persen. Hal ini semakin menekankan betapa pentingnya manajemen kadar kolesterol LDL dalam darah, demi mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Penumpukan lemak di dinding pembuluh darah (aterosklerosis) memang terjadi dalam kurun waktu yang panjang. Sehingga, terkadang orang yang mengalaminya tak langsung menyadarinya. Kondisi ini bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, perbaikan gaya hidup menjadi lebih sehat harus dijalankan. Salah satunya adalah dengan mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Liburan memang saat yang tepat untuk bersenang-senang, dan tentu saja menikmati makanan enak, tapi Anda harus tetap mengontrol diri.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News