Komisi IV Lepasliarkan Kanguru di Taman Nasional Wasur

Komisi IV Lepasliarkan Kanguru di Taman Nasional Wasur
Tim kunjungan kerja Komisi IV DPR berkesempatan melepasliarkan kanguru di Taman Nasional Wasur, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Senin (6/8). Foto: DPR

jpnn.com, MERAUKE - Tim kunjungan kerja Komisi IV DPR berkesempatan melepasliarkan kanguru di Taman Nasional Wasur, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Senin (6/8).

Semua anggota rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Watimena turut melepas kanguru yang merupakan satwa yang dilindungi.

Pelepasliaran kanguru ini merupakan komitmen Komisi IV DPR RI dalam menjaga kelestarian satwa yang ada di Papua.

Dengan demikian, kanguru tidak hanya ada di Australia. Masyarakat Merauke pun juga memiliki kesadaran dalam menjaga kelestarian alam dan satwa.

Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra menuturkan, tingginya peran serta masyarakat dalam ikut melestarikan kanguru bisa menjadi modal yang besar dalam mewujudkan tempat pariwisata baru di Merauke.

“Di sini kita bisa melihat kawasan yang dipenuhi kanguru. Hal tersebut sudah tentu akan menjadi destinasi wisata unggulan Merauke. Begitu juga dengan rusa. Betapa indahnya kalau ada tempat yang bisa kita kunjungi dengan melihat gerumbolan hewan seperti kanguru dan rusa. Apalagi kita bisa buat jinak dan dekat dengan manusia,” ungkap Bagus Adhi.

Politikus Golkar ini mengungkapkan, Taman Nasional Wasur akan lebih menarik jika dilengkapi dengan penangkaran dan pendampingan yang sangat ketat sehingga kualitasnya bisa diandalkan.

 “BKSDA mesti berperan aktif disini dalam meningkatkan populasi kanguru dan melatihnya menjadi hewan yang jinak dan menjadi ramah pada pengunjung,” tutur Bagus Adhi.

Tim kunjungan kerja Komisi IV DPR berkesempatan melepasliarkan kanguru di Taman Nasional Wasur, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Senin (6/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News