Komisi Uni Eropa Larang BlackBerry

Komisi Uni Eropa Larang BlackBerry
Komisi Uni Eropa Larang BlackBerry
FAKTOR keamanan jaringan kembali jadi isu penghambat penjualan BlackBerry di pasaran global. Setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, India, dan Kuwait, kini

giliran karyawan Komisi Uni Eropa diminta agar beralih dari handset keluaran Research in Motion (RIM) itu. Seperti di negara lain, Komisi yang memiliki 32.000 karyawan ini, khawatir tak bisa memonitor trafik jaringan BlackBerry.

RIM mengontrol jaringan BlackBerry di seluruh dunia lewat server pusat yang ada di Kanada dan Inggris. Provider lokal hanya bertugas menyediakan jaringan bagi pengguna BlackBerry, untuk kemudian dienkripsi dan diteruskan ke server pusat RIM. Cara sebaliknya juga dilakukan sebelum akhirnya telepon atau pesan diterima pengguna.

Seperti diberitakan Reuters, karyawan komisi Uni Eropa diminta menggunakan produk merek Apple iPhone atau  smartphone keluaran pabrikan Taiwan, HTC. Kedua produk dinilai aman dari segi keamanan maupun keuangan. "Dari hasil evaluasi komisi, kami hanya mendukung komunikasi data dan telepon dengan perangkat HTC dan iPhone," ucap juru bicara komisi lewat e-mail.

Aturan lama, karyawan disarankan menggunakan PDA merek Qtek. Setidaknya 2.500 karyawan menjalankan perintah ini. Pihak RIM tetap yakin ancaman komisi tersebut takkan diikuti lembaga lain. Alasannya, aktivitas para pegawai kini sangat tergantung pada BlackBerry.

FAKTOR keamanan jaringan kembali jadi isu penghambat penjualan BlackBerry di pasaran global. Setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, India, dan Kuwait,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News