Komponen Utama Turbin PLTB Sidrap Dalam Perjalanan Menuju Parepare

Komponen Utama Turbin PLTB Sidrap Dalam Perjalanan Menuju Parepare
Pekerja mengawasi proses penurunan rumah turbin ke dalam kapal BBC Congo di Pelabuhan Bilbao, Spanyol pada hari Kamis (13/7). Foto: istimewa for jpnn

jpnn.com, SIDRAP - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap memasuki babak baru seiring dimulainya pengiriman komponen-komponen turbin.

PT UPC Sidrap Bayu Energi selaku pengembang PLTB Sidrap mengumumkan bahwa bagian utama turbin saat ini sedang dalam perjalanan dari Spanyol menuju Pelabuhan Nusantara Parepare, Sumatera Selatan.

Mesin Gamesa G114 2,5 MW yang menjadi komponen utama produksi listrik PLTB Sidrap saat ini tengah diangkut oleh kapal BBC Congo.

Kapal ini merupakan kapal pengangkut muatan berat serba guna sepanjang 143 meter dengan kapasitas maksimum sebesar 12.974 gross tonage (GT).

BBC Congo dirancang khusus untuk mengangkut kargo-kargo raksasa yang tidak mampu diangkut kapal kargo pada umumnya.

“Kapal ini rencananya akan berlabuh di Pelabuhan Nusantara pada 18 Agustus nanti. Selama tiga hari berikutnya pekerja akan menurunkan mesin-mesin turbin dan berbagai peralatan khusus sebelum diantar menuju lokasi proyek di Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap,” kata Project Engineering Manager PT UPC Sidrap, Dadan Suhendar.

Kedatangan kapal BBC Congo itu akan menjadi kedatangan pertama komponen PLTB dari seluruh proses pengiriman yang akan berlangsung selama periode Agustus – Oktober 2017. Pengiriman tahap pertama ini akan mengantar 15 bagian rumah turbin Gamesa G114 2,5 MW.(jpnn)


Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap memasuki babak baru seiring dimulainya pengiriman komponen-komponen turbin.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News