Kondisi Perbankan BUMN Dipastikan Kondusif

Kondisi Perbankan BUMN Dipastikan Kondusif
Ketua Himpunan Bank Milik Negara, Maryono (kanan). Foto Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) memastikan kondisi Bank BUMN dalam keadaan kondusif dan stabil, di tengah sentimen negatif global yang disebabkan rencana kenaikan suku bunga acuan di Amerika Serikat (AS).

Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), Maryono menilai kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih jauh dari krisis, karena pertumbuhan ekonomi yang terus stabil dan kinerja perbankan yang juga naik signifikan.

"Di dalam negeri fundamental ekonomi kita kuat, permintaan kredit terus meningkat,” kata Maryono di Jakarta, Senin (7/5).

Menurut Maryono, adapun penurunan harga saham khususnya sektor perbankan yang sempat terjadi pada akhir pekan lalu lebih disebabkan karena faktor global.

“Faktor ini yang membuat investor asing banyak menjual portofolio sahamnya di Indonesia terutama yang sudah memiliki untung banyak. Nah saham-saham yang sudah memiliki untung banyak adalah perbankan,” urainya.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara ini juga mencontohkan saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) sempat terkoreksi karena mengalami kenaikan lebih dari 100 persen dalam kurun satu tahun.

Sehingga tidak heran jika pelaku pasar banyak melepas saham BBTN, karena sudah meperoleh keuntungan (capital gain) yang tinggi.

“Kondisi ini hanya sementara, contohnya hari ini Senin (7/5) rebound, saham BBTN naik 240 poin (9,06 persen) ke level 2.890, tertinggi dibandingkan Bank BUMN lainnya,” ungkap Maryono.

Sebelumnya beredar data bahwa Bank-bank BUMN mengalami kerugian di triwulan I 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News