Konon Bisa Menghilang, Suka Sama Suka Langsung Nikah meski Saudara Kandung

Konon Bisa Menghilang, Suka Sama Suka Langsung Nikah meski Saudara Kandung
Haris Antu (kanan) menyeberangi sungai menunjukkan jalan menuju lokasi suku Polahi di pedalaman gunung Boliyohuto, Gorontalo. Foto: JUNEKA Subaihul MUFID/Jawa Pos

jpnn.com - Hidup terasing di dalam hutan belantara Humohulo Gunung Boliyohuto, Provinsi Gorontalo, Suku Polahi hingga kini masih mempertahankan tradisi kawin sedarah alias inses.

JUNEKA SUBAIHUL MUFID, Gorontalo

Mendengar nama suku Polahi, ingatan Alim S. Niode terlempar sepuluh tahun lalu. Pada 2007 sosiolog Universitas Negeri Gorontalo itu bersama tim Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (sekarang Badan Informasi Geospasial) bertemu suku terasing tersebut. Ekspedisi itu dilakukan untuk memetakan kondisi dan suku terasing. Salah satunya Polahi.

”Polahi itu sebetulnya masyarakat kritis saat pendudukan Belanda di Gorontalo,” ujar Alim yang ditemui di Gorontalo Rabu (19/7).

Merujuk catatan Alim, Belanda yang datang ke Gorontalo pada 1700-an menerapkan pajak emas yang tinggi. Warga yang tidak sepakat dengan kekejaman Belanda melarikan diri ke hutan dan beranak pinak.

Itulah yang dianggap secara umum sebagai cikal bakal suku Polahi yang dalam bahasa Gorontalo berarti pelarian.

”Di buku-buku yang ditulis J.F. Riedel disebutkan tentang polahi dan emas sekitar 1879-an,” ujar pria yang juga penulis buku Abad Besar Gorontalo itu.

Alim yang sekarang menjadi ketua Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Gorontalo tersebut menuturkan, untuk persebaran suku Polahi, ada yang ke timur seperti di Pegunungan Tilongkabila, Suwawa, dan Pinogu.

Hidup terasing di dalam hutan belantara Humohulo Gunung Boliyohuto, Provinsi Gorontalo, Suku Polahi hingga kini masih mempertahankan tradisi kawin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News