Korea Ingin Reunifikasi, Megawati Segera Temui Jokowi

Korea Ingin Reunifikasi, Megawati Segera Temui Jokowi
UTUSAN KHUSUS: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri pada pertemuan di Seoul, Senin (29/5) sore. Foto: Yonhap News Agency

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang menjadi special envoy atau utusan khusus bagi Korea Selatan dan Korea Utara akan segera membahas reunifikasi Korea dengan Presiden Joko Widodo.

Megawati mengatakan hal itu di Pulau Jeju, Korea Selatan, Rabu (31/5). Presiden RI Kelima itu berada di pulau bertatus otonomi khusus tersebut dalam rangka menghadiri Jeju Forum for Peace and Prosperity 2017.

Namun, sebelum mengunjungi Jeju, Putri Proklamator RI itu bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di Seoul, Senin (29/5). Pada pertemuan itu pula Presiden Moon meminta kesediaan Megawati menjadi utusan khusus untuk menjembatani hubungan dengan Korea Utara.

Hanya saja, Megawati belum bisa memutuskan secara sepihak. "Semua permintaan ini tentu bertujuan baik. Tapi saya pulang dulu ke tanah air dan melapor kepada Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Megawati menegaskan, posisi dirinya sebagai special envoy tentu bukan atas nama pribadi. Sebab, posisi itu juga sebagai bentuk kepercayaan Korsel terhadap peran Indonesia.

"Selain atas nama pribadi, tugas special envoy ini tentu atas nama Indonesia. Itu kenapa saya harus berpikir sekaligus merenung tentang cara yang akan saya tempuh" ujar Mega dengan senyum simpul.

Seorang diplomat senior RI menuturkan, biasanya Korsel mengutamakan Jepang, Amerika Serikat dan Australia. Namun, katanya, keputusan Presiden Moon menunjuk Megawati sebagai special envoy bagi reunifikasi Korea merupakan sinyal bahwa Negeri Gingseng itu akan membangun aliansi baru.

“Saya berkeyakinan Korea Selatan mulai berkeinginan untuk membentuk aliansi baru,” ujar diplomat yang telah berkarir selama 25 tahun terakhir.(ysa/rmol/ara/jpg)


Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang menjadi special envoy atau utusan khusus bagi Korea Selatan dan Korea Utara akan segera membahas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News