Korut Ancam Bakal Menyerang

Tuduh Korsel dan AS Sudah Siap Perang

Korut Ancam Bakal Menyerang
ANCAM - Parade militer Korut, lengkap dengan sejumlah misil berbahayanya, di Pyongyang beberapa waktu lalu. Foto: Getty Images.
SEOUL - Korea Utara (Korut) kembali mengancam bakal menggunakan kekuatan militernya kepada Korea Selatan (Korsel). Penyebabnya adalah sebuah tudingan bahwa pasukan gabungan Korsel dan Amerika Serikat (AS) telah menempatkan persenjataan berat di kawasan demiliterisasi (DMZ) di Desa Panmunjom.

Pasukan Korsel dan AS masih bersitegang dengan Korut di wilayah bebas militer di Panmunjon sejak berakhirnya perang Korea 1950"1953. "Pasukan AS memasukkan persenjataan berat pada 26 Juni (Sabtu) sekitar pukul 07.25," terang kantor berita Korea Utara KCNA mengutip sumber militer. Pihak Korut juga mendesak agar persenjataan militer tersebut segera ditarik.

Seorang juru bicara militer AS tidak bisa memberikan komentar terkait dengan klaim Korut tersebut. Pihaknya menyatakan ingin mempelajari isi protes Pyongyang tersebut.

Minggu (27/6) Korut menolak hadir dalam pertemuan yang dihelat sebuah komisi pencari fakta mengenai tenggelamnya kapal perang Cheonan milik angkatan laut Korsel. Pyongyang menyatakan hanya mau berdialog secara langsung, military to military, dengan Korsel.

SEOUL - Korea Utara (Korut) kembali mengancam bakal menggunakan kekuatan militernya kepada Korea Selatan (Korsel). Penyebabnya adalah sebuah tudingan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News