Korut Luncurkan Rudal ke Arah Jepang, Begini Sikap Indonesia

Korut Luncurkan Rudal ke Arah Jepang, Begini Sikap Indonesia
Salah satu misil Korea Utara. Foto: reuters/kcna

jpnn.com, JAKARTA - Uji coba rudal Korea Utara pagi tadi, Selasa (29/8) mengagetkan semua negara di kawasan Asia-Pasifik. Bagaimana tidak, rudal itu melintas di atas wilayah Jepang.

Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri ikut mengecam tindakan Korut tersebut.

"Indonesia mengecam uji coba peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korea Utara pada tanggal 28 Agustus 2017 yang melewati ruang udara negara lain dan membahayakan jalur penerbangan," tulis pihak Kementerian Luar Negeri dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.

Whuss..Rudal Korut Melintas di Langit Jepang, Tokyo Geram

Indonesia juga memandang tindakan Korut sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. Khususnya resolusi 2270 (2016), 2321 (2016), 2356 (2017), dan 2371 (2017).

Atas dasar itu, Indonesia mendesak Korut memenuhi semua kewajiban internasionalnya. Termasuk melaksanakan sepenuhnya resolusi-resolusi DK PBB.

Sebagai negara di kawasan Asia-Pasifik, Indonesia menilai stabilitas di semenanjung Korea memiliki arti penting. Karena itu, semua negara diharapkan berkontribusi terhadap penciptaan perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea.

Seperti diberitakan sebelumnya, Korea meluncurkan rudal dari area dekan Sunan, Pyongyang, sekitar pukul 5:57 waktu setempat. rudal tersebut diarahkan ke laut bagian timur Semenanjung Korea dan melintasi Jepang.

Uji coba rudal Korea Utara pagi tadi, Selasa (29/8) mengagetkan semua negara di kawasan Asia-Pasifik. Bagaimana tidak, rudal itu melintas di atas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News