Kosongkan Jadwal Anda, Ayo Saksikan Pesona Danau Toba 2017

Kosongkan Jadwal Anda, Ayo Saksikan Pesona Danau Toba 2017
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN.com

jpnn.com, TOBASA - Pemerintah Kabupaten Tobasa yang didukung Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Sumatera Utara menggelar event besar bertajuk Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige Kabupaten Toba Samosir pada 26 Agustus.

"Event tahunan ini kembali digelar sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan event ini sebagai agenda tahunan, kemeriahan seperti tahun lalu untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Karena budaya diakui sangat strategis memperkukuh persatuan bangsa dan sekaligus lebih mengenalkan pesona Danau Toba ke seluruh dunia," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir Ultri Sonlahir Simangunsong.

Karnaval Budaya di Balige, Toba Samosir dilanjutkan dengan Pesta Rakyat.

"Total peserta karnaval sekitar 2.000 orang, 500 di antaranya peserta inti, untuk manghunti tandok (menjunjung tandok). Tandok itu anyaman berisi beras yang biasanya dipanggul di atas kepala oleh perempuan Batak. Selain itu juga ada peserta karnaval yang  bermain terompet sangkakala dan lainnya," lanjut Ultri.

Angka itu bisa lebih. Namun, jumlah 2000 itu sendiri sudah tergolong besar, hampir sama dengan #PesonaJFC2017 Jember Fashion Carnaval di Jawa Timur.

Pesta karnaval ini akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 km dari Soposurung hingga Simpang Sibulele.

Jalur karnaval akan melintasi pasar tradisional Balerong yang terdiri dari enam bangunan megah yang dibangun tahun 1930 dengan hiasan ukiran khas Batak Gorda.

Seluruh artis, koreografer, desainer, penggagas kreatif, promotor, dan pengisi acara adalah putra-putri terbaik di level nasional.

Pemerintah Kabupaten Tobasa yang didukung Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Sumatera Utara menggelar event besar bertajuk Karnaval Pesona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News