KPAI Imbau Orang Tua Pilih Tempat Rekreasi Aman Bagi Anak

KPAI Imbau Orang Tua Pilih Tempat Rekreasi Aman Bagi Anak
Warga memanfaatkan arena bermain track sepeda dan skate bowl di Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta, Rabu (4/1). Kawasan bekas lahan lokalisasi tersebut kini berubah wujud menjadi taman yang nyaman dengan fasilitas bermain seperti arena skate park, track BMX, lapangan futsal dan taman bermain anak. Ilustrasi by: Ismail Pohan/INDOPOS

jpnn.com, JAKARTA - Lebaran menjadi momen bagi keluarga untuk berlibur. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mengimbau, orang tua memilih tempat rekreasi yang aman dan edukatif bagi anak.

"Jika hendak menuju tempat rekreasi, pilih tempat rekreasi yang aman bagi anak dan nyaman bagi anak. Pastikan tempat tersebut edukatif dan menyenangkan," kata Niam, Sabtu (24/6).

Dia berharap, orang tua bisa melindungi anak dari tempat rekreasi yang berisi kekerasan, eksploitasi, pornografi, dan hal-hal lain yang berbahaya bagi anak.

Rekreasi, kata Niam, harus dimanfaatkan secara optimal untuk menguatkan kebersamaan. "Bukan sekadar hura-hura tanpa makna," ujarnya.

Lebih lanjut, Niam mengingatkan pengelola tempat rekreasi untuk memastikan area rekreasi aman dan nyaman bagi anak. Mulai dari permainannya maupun tenaga pengawasnya.

"Jika basis air seperti kolam renang atau pantai harus tersedia 'safeguard'," tutur Niam.

Pemerintah pun harus melakukan pengawasan terhadap tempat rekreasi. Sehingga, pengunjung bisa mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika rekreasi. "Pemerintah harus hadir untuk memberi rasa aman dan nyaman," ungkap Niam.(gil/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Resmi! Besok Lebaran

Lebaran menjadi momen bagi keluarga untuk berlibur. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mengimbau, orang tua memilih


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News