Krisis Venezuela: Hanya Jenderal Korup yang Masih Dukung Maduro

Krisis Venezuela: Hanya Jenderal Korup yang Masih Dukung Maduro
Krisis Venezuela: Nicolas Maduro (kanan) dan Juan Guaido terus bermanuver memprebutkan kursi orang nomor 1 di negeri yang pernah kaya minyak itu. Foto: BBC

jpnn.com, BOGOTA - Lebih dari 100 anggota militer Venezuela membelot. Mereka keberatan dengan kebijakan rezim Presiden Nicolas Maduro terkait situasi di perbatasan.

Sejak Jumat (22/2), militer Venezuela berkali-kali bentrok dengan demonstran yang mendesak agar bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat diizinkan masuk. Parahnya, para serdadu itu diperintahkan menggunakan timah panas kepada saudara-saudara mereka sendiri.

Sejauh ini desertir hanya terdiri dari tentara kelas bawah. Belum ada petinggi yang berani melakukan itu. Mereka yang punya jabatan masih pikir panjang untuk berpaling karena rata-rata terbelit kasus korupsi.

Salah seorang desertir yang berusia 29 tahun menegaskan bahwa sejatinya banyak tentara yang ingin meninggalkan Maduro. Mereka masih menunggu momentum.

Diperkirakan bakal lebih banyak lagi anggota militer yang mengikuti jejak para desertir tersebut karena mereka sudah lelah dengan ulah para pemimpinnya yang korup.

Di pihak lain, Maduro banjir kecaman pasca bentrokan di perbatasan itu. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan bahwa masa kepemimpinan Maduro tinggal hitungan hari.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Brasil meminta negara-negara yang belum mengakui Juan Guaido sebagai pemimpin sementara agar segera melakukannya.

Guaido membuka semua opsi bagi komunitas internasional untuk melengserkan Maduro. Dia berencana bertemu dengan Wapres AS Mike Pence di sela-sela acara Lima Group di Bogota, Kolombia. Belum diketahui apakah Guaido bisa hadir lantaran Maduro menerapkan larangan perjalanan ke luar negeri untuknya. (sha/c10/dos)


Lebih dari 100 anggota militer Venezuela membelot. Mereka keberatan dengan kebijakan rezim Presiden Nicolas Maduro terkait situasi di perbatasan.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News